Pangkalpinang, Babel - Pemerintah Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Festival Layang-layang pada November 2024 guna menarik kunjungan wisatawan dan meninglatkan perekonomian masyarakat di Kota Beribu Senyuman itu.

"Kami mengajak masyarakat untuk meramaikan Festival Layang-layang ini," kata Penjabat Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan Festival Layang-layang ini merupakan kolaborasi antara Pemkot Pangkalpinang dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pelaku perhotelan di DKI Jakarta. Festival Layang-layang 2024 akan digelar di Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

"Pemprov DKI Jakarta nantinya juga mengajak stakeholder untuk meramaikan Festival Layang-layang di Kota Pangkalpinang ini," katanya.



Ia menyatakan Festival Layang-layang ini merupakan salah satu upaya pemerintah kota dalam menggairahkan kembali pariwisata yang beberapa bulan terakhir ini melesu.

"Saat ini ekonomi masyarakat tidak dalam baik-baik saja, sehingga ada langkah-langkah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah ini," katanya.

Menurut dia, dengan adanya kegiatan berskala nasional di Kota Pangkalpinang akan mendorong kunjungan wisatawan yang pada akhirnya akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah ini.

"Festival Layang-layang ini tidak hanya menguntungkan masyarakat, tetapi juga pelaku perhotelan karena akan meningkatkan wisatawan yang menginap di hotel tersebut," katanya.