Tangerang - PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menerima 34 penghargaan bergengsi World Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) dari Airports Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan dunia yang membawahi 2.110 bandara di 169 negara.


Melalui keterangan resmi yang diterima di Tangerang, Faik Fahmi, Presiden Direktur Bandara Internasional Soekarno-Hatta, mengatakan jumlah penghargaan yang diterima tahun ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah. Pada tahun sebelumnya, jumlah penghargaan yang diterima hanya 19 penghargaan.

“Penghargaan ini diserahkan langsung kepada Bandara Injani oleh ACI pada acara ACI Worlds Customer Experience Summit & Exhibition di Atlanta, Amerika Serikat, pada tanggal 26 September 2024 waktu Indonesia,” katanya.

Dia mengatakan penghargaan ini akan semakin memacu Bandara InJourney untuk terus meningkatkan standar layanan dan pengalaman bagi penumpang pesawat dan pengunjung bandara.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada 11 InJourney Airports yang telah memenangkan total 34 penghargaan ASQ tahun ini. Penghargaan ini merupakan bukti nyata bahwa InJourney Airports memberikan layanan dan pengalaman terbaik bagi penumpang udara.”

Bapak Fahmi menambahkan: “Hal ini didukung oleh kolaborasi yang erat dalam ekosistem penerbangan (Process), kapabilitas sumber daya manusia secara global (People) serta berbagai inovasi teknologi dan digitalisasi (Enabler).”

Sementara itu, Ferry Kusnowo, Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi InJourney Airports, menambahkan bahwa saat ini berbagai fasilitas layanan berbasis digital telah tersedia di InJourney Airports.

“Penerapan teknologi dan digitalisasi untuk layanan penumpang sedang berlangsung di InJourney Airports. Fasilitas berbasis teknologi lainnya sedang dipersiapkan untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mulus bagi penumpang udara di semua titik layanan di bandara.

Penghargaan ASQ dari ACI mengakui keunggulan bandara di seluruh dunia yang memberikan pengalaman pelanggan terbaik bagi pengguna jasa bandara, berdasarkan survei yang dilakukan di titik keberangkatan dan kedatangan bandara.

Penghargaan ini diberikan bersamaan dengan layanan terbaik di 11 bandara yang dikelola oleh Injunny Airports, yaitu enam penghargaan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan lima penghargaan di Bandara Internasional Yogyakarta.

Selanjutnya, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, dan Bandara Supadio Pontianak masing-masing menerima empat penghargaan.

Sementara itu, bandara yang menerima dua penghargaan adalah Bandara Depati Amir Pangkalpinang dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Dan bandara yang menerima satu penghargaan adalah Bandara Juanda Surabaya, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, dan Bandara Patimura Ambon.

Bandara-bandara di Indonesia telah memiliki sejumlah fasilitas yang mendukung teknologi, seperti self-bag drop, di mana penumpang dapat dengan cepat mendaftarkan bagasi mereka di mesin check-in bagasi mandiri dan kemudian langsung menuju ke konter khusus di mana bagasi yang telah didaftarkan akan diproses untuk dimasukkan ke dalam pesawat. Ada juga.

Self-bag drop saat ini tersedia di Bandara Soekarno Hatta, dengan rencana untuk menyediakannya di bandara lain.