Sungai Liat - Penjabat Bupati Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), M Harris Bangka, melarang masyarakat setempat membakar sampah sembarangan karena dapat menyebabkan kebakaran lahan yang lebih luas. Hal ini disampaikannya di Sungailiat pada hari Senin (10/1), menyusul terbakarnya lebih dari 2 hektar lahan akibat membuang sampah sembarangan di Dusun Tutut Pemali Bangka pada hari Minggu (9/1). “Dalam kondisi cuaca panas seperti sekarang ini, masyarakat harus benar-benar memperhatikan lingkungan di lahan yang rawan terbakar dan tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan,” katanya. Dia mengatakan sampah yang terkumpul akan ditangguhkan sementara untuk dibakar atau dipilah menjadi sampah organik dan non-organik. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk organik, sementara sampah non-organik dapat didaur ulang.

Ia meminta aparat desa untuk mengingatkan masyarakat agar tidak sembarangan membakar sampah atau membuka lahan dengan cara membakar.

Ahmad Fauzi, kepala pemadam kebakaran Satpol PP di Provinsi Banca, mengatakan bahwa pihaknya memaksimalkan peran petugas pemadam kebakaran sukarela di setiap desa untuk mempercepat bantuan penanggulangan kebakaran dan memfasilitasi komunikasi. ... ... ... ... ... ...