Sungariat - Satuan Pemadam Kebakaran (Damkar}.Bangka Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan siaga 2 terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dihadapi pada musim kemarau ), dan menetapkan status siaga 2 terhadapnya. “Kami telah menetapkan siaga 2 untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan yang mungkin terjadi selama musim kemarau,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Satpol PP Provinsi Bangka, Ahmad Fauzi, di Sungai Liat, Kamis. Ia mengatakan saat siaga tersebut ditetapkan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah petugas pemadam kebakaran yang didukung dengan peralatan pendukung.



“Petugas pemadam kebakaran siap membantu setiap saat untuk menangani karhutla jika terjadi,” katanya. Antara Januari 2024 hingga akhir Juli, telah terjadi 16 kali kebakaran hutan dan lahan seluas kurang lebih 15 hektare. Kebakaran tersebut terjadi di Kecamatan Sungariat, Kecamatan Belinyu, Riau Silip dan kecamatan lainnya. Selain belasan hektar lahan yang terbakar, juga tercatat sembilan kebakaran rumah dan bangunan.

Ia menilai kebakaran hutan dan lahan tersebut disebabkan oleh kelalaian manusia, namun ia juga menduga ada unsur kesengajaan untuk membakar lahan karena satu dan lain hal. ... ... ... ... ... ... ...