Sungailiat Bangka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membuka layanan helpdesk pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Belitung pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024. Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Belitung, Tanjung Pandan Yossi, Jumat, mengatakan pembukaan layanan helpdesk tersebut bertujuan untuk membantu partai politik yang menemukan kendala dan kesulitan dalam mendaftarkan pencalonan mereka pada Pilkada 2024.

“KPU Billiton telah membuka Layanan Helpdesk Pilkada 2024 untuk memberikan informasi dan pertanyaan seputar pencalonan Pilkada Billiton 2024,” katanya. Menurut dia, Layanan Helpdesk Pilkada 2024 KPU Belitung dibuka setiap hari sesuai jam kerja untuk memberikan informasi dan pertanyaan seputar pencalonan Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada Serentak Belitung 2024.

“Kami sampaikan kepada partai politik, jika ada pertanyaan yang lebih detail, bisa mengunjungi Layanan Helpdesk Pilcada 2024, nanti akan dijelaskan oleh petugas kami.

Bapak Joshi menambahkan bahwa KPU Belitung sebelumnya telah melakukan sosialisasi dengan partai politik tentang PKPU 2024 nomor 8 tentang pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak pada tahun 2024. "Sejauh ini kami sudah mensosialisasikan syarat pencalonan kepada partai politik, namun jika masih ada yang ingin ditanyakan terkait pendaftaran pencalonan, bisa ditanyakan kepada petugas di help desk.

Ia menjelaskan, untuk saat ini, KPU Bontang masih menunggu petunjuk teknis dari KPU Pusat terkait persyaratan pencalonan dan batas usia pencalonan setelah adanya keputusan terbaru dari Mahkamah Konstitusi (MK).

“Bahkan, sebagai hasil konsolidasi nasional, KPU RI akan mengeluarkan petunjuk teknis tentang syarat pencalonan Pilcada 2024. Selanjutnya, KPU Belitung menyelenggarakan rapat kelompok kerja (pokja) pendaftaran dan penetapan pencalonan Pilcada 2024. “Dan besok kita akan rapat internal terkait pendaftaran dan penetapan pencalonan dan hari Senin (26/8) kita akan melakukan gladi resik pendaftaran pencalonan,” ujarnya.