JAKARTA - Pada Rabu (14/8), mulai dari penuntutan Harvey Moeis dalam kasus dugaan korupsi PT Timah Tbk. hingga pengungkapan motif KDRT terhadap istri selebgram Cut Intan Nabila oleh polisi, berbagai peristiwa hukum berbagai peristiwa hukum yang dilaporkan oleh Kantor Berita.

Berikut ini adalah bagian dari berita-berita kemarin.

1. Terdakwa Harvey Moeis didakwa rugikan negara Rp 300 triliun terkait kasus timah

Harvey Moeis, perpanjangan tangan dari PT Refined Bangka Tin Ia didakwa merugikan keuangan negara senilai Rp 300 triliun sehubungan dengan kasus korupsi dalam pengelolaan perdagangan komoditas timah di wilayah perizinan. “Terdakwa melakukan atau turut serta melakukan perbuatan melawan hukum yang merugikan keuangan negara,” kata jaksa Ardito Muwardi dalam sidang pembacaan surat dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (14/8).

Baca selengkapnya.

2. Kejagung buka kesempatan Sandra Dewi bersaksi di sidang Harvey Mois

Kejaksaan Agung (Kejagung) akan Terbuka. “Tentu saja dalam persidangan nanti akan mendengarkan semua saksi dan ahli, termasuk terdakwa,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Harli Siregar saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (14/8).

Baca selengkapnya.

3. Satgas Perdamaian Kalteng ungkap identitas lima KKB pembunuh pilot asing

Satuan Tugas (Satgas) Perdamaian Kalteng mengungkap identitas pilot asing asal Selandia Baru, Glenn Glen, yang dibunuh di distrik Arama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. Identitas lima anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB), pelaku pembunuhan Malcolm Conning, terungkap (8 Mei). Dalam siaran pers yang dikeluarkan di Jayapura pada hari Rabu (14 Agustus), Brigadir Jenderal Faizal Ramadhani dari kepolisian, yang bertanggung jawab atas operasi perdamaian Kartentu-2024, mengatakan bahwa lima orang tersebut berbasis di Yuguru, Kabupaten Nduga.
“Para pelaku adalah Perintakola Lokbele, alias Maras Gwijange (20), Jeri Wandikubo (50), Irisim Gwijange (20), Jaka Gwijange (15) dan Anark Amisim (36), yang masing-masing beralamat di Kampung Gezelma, Kabupaten Nduga.”

Bacaan lebih lanjut.

4. Polri mengerahkan 4.520 personel untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan sebanyak 4.520 personel dalam Operasi Tribata Jaya untuk mengamankan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024. Polri mengerahkan sebanyak 4.520 personel dalam operasi tersebut. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta pada hari Rabu (14/8), Brigadir Jenderal Tornoyud Wisnu Andiko, Direktur Hubungan Masyarakat, Divisi Hubungan Masyarakat Polri, mengatakan bahwa personil tersebut terdiri dari 1.077 personil dari Mabes Polri dan 3.443 personil dari Polda Metro Jaya.

Baca selengkapnya.

5. Polisi ungkap motif KDRT suami terhadap selebgram Gram Intan Navira

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro menduga Armor melakukan KDRT terhadap istrinya, selebgram Gram Intan Navira