Tanjungpandan-Tim Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jalan Pondok Pesantren At-Taqwa, Kelurahan Air Ketekok, Tanjung Pandan, Minggu 1 ha lahan kering berhasil memadamkan api di lahan kering.

"Alhamdulillah, kebakaran lahan kering dengan luas sekitar satu hektare berhasil dipadamkan oleh tim," kata Komandan Regu Pemadam Kebakaran II BPBD Rico Pribadi di Tanjung Pandan, Minggu. Menurut dia, peristiwa kebakaran lahan kering tersebut dilaporkan warga ke posko pemadam kebakaran BPBD Belitung melalui telepon.

"Kami menerima laporan dari salah satu warga ke Posko Damkar BPBD Belitung yang menyatakan ada kebakaran lahan kering di lokasi tersebut," katanya.

Setelah menerima laporan tersebut, regu piket Pemadam Kebakaran BPBD Billiton segera menuju lokasi untuk melakukan penyemprotan dan pemadaman. "Waktu yang dihabiskan untuk memadamkan api kurang lebih 20 menit.

Ia menjelaskan bahwa penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun diduga kuat api berasal dari puntung rokok yang dibuang di lahan kering dan api menyebar dengan cepat karena cuaca yang panas dan berangin.

Ia mengimbau masyarakat untuk menjaga lingkungannya dari ancaman kebakaran lahan di tengah kondisi cuaca yang kering seperti saat ini.

"Saya mengimbau masyarakat untuk tidak membakar sampah sembarangan dan tanpa pengawasan, seperti membuang puntung rokok sembarangan.