Pangkalpinang - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA menerima penghargaan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) 2024 dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, karena telah mendukung gerakan PBLHS di sekolah-sekolah yang ada di wilayahnya. "Penghargaan ini merupakan bentuk komitmen kepala daerah untuk mendukung penuh gerakan PBLHS," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas LHK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Edi Kurniadi, dalam keterangan pers yang diterima LKBN Babel, di Pangkalpinang, Minggu. Menurut dia, Penghargaan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (PBLHS) tahun ini diserahkan oleh Menteri LHK RI Siti Nurbaya dalam acara Malam Apresiasi Lingkungan Hidup, Iklim, Kehutanan dan Energi Baru Terbarukan (LIKE 2) yang diselenggarakan Kementerian LHK di Jakarta, Sabtu (24/8/10). Penghargaan tersebut diserahkan langsung kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Babel, Syafrizal ZA. Kriteria penilaian untuk penghargaan kepala daerah yang mendukung gerakan PBLHS antara lain adalah keberadaan kebijakan, tindak lanjut kebijakan, persentase anggaran yang mendukung program PBLHS, tingkat capaian sekolah adiwiyata, pelaporan pelaksanaan gerakan PBLHS kepada Menteri, inovasi daerah yang berkaitan dengan PBLHS. Dalam. Gubernur Safrizal mengeluarkan Surat Edaran No. 660/0226/DLHK/2024 yang ditujukan kepada bupati, walikota, perguruan tinggi, media dan instansi terkait tentang dukungan pelaksanaan gerakan PBLHS.

"Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel mendukung pendistribusian janjang kelapa sawit untuk kompos ke sekolah-sekolah dan membantu pembibitan, penanaman, dan pemeliharaan pohon di sekolah-sekolah.

"Beberapa organisasi lingkungan hidup sekarang memberikan dukungan kepada sekolah-sekolah di Adiwiyata, menciptakan sinergi dengan program dan kegiatan yang sudah ada di masyarakat.

Menurutnya, Gubernur, melalui DLHK, selalu melakukan pembinaan ke sekolah-sekolah, pemberian penghargaan, monitoring dan evaluasi. "Sejauh ini, Gubernur Babel mengapresiasi komitmen yang terus menerus dalam mengembangkan pendidikan lingkungan hidup melalui sektor pendidikan formal dengan bersinergi dan bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk partisipasi dari dunia usaha, untuk mendukung pelaksanaan gerakan PBLHS ini.