JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta seluruh pemangku kepentingan untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang di sebagian besar wilayah Indonesia pada Kamis. Prakirawan BMKG Ida Pramuwardani, dalam laporan yang dipantau di Jakarta, Kamis, menyebutkan bahwa potensi hujan lebat berpeluang terjadi di Bangka Belitung, terutama di Provinsi Bangka Selatan dan Bangka Tengah, Provinsi Gorontalo (Bojonegoro, Bolaang Mongondow, Gorontalo, Gorontalo Utara, Gorontalo), Kalimantan Barat (Bojonegoro, Gorontalo, Gorontalo Utara, Gorontalo), Kalimantan Tengah (Bojonegoro), Kalimantan Timur (Gorontalo) dan Kalimantan Selatan (Gorontalo). ), Kalimantan Selatan (Barito Kuala, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Kotabaru, Tabalong, Tanah Bumbu)

kemudian Kalimantan Tengah (Barito Timur, Kapuas, Katingan, Kotawaringin Timur, Murung Raya, Seruyan, Sukamara), Kalimantan Timur (Kutai Kartanegara, Kota Balikpapan, Kota Samarinda), Kalimantan Utara (Bulungan, Malinau, Tana Tidung, Kota Tarakan). Selain itu, Provinsi Maluku Utara (Halmahera Tengah, Halmahera Timur, Kepulauan Tidor), Provinsi Papua, Provinsi Riau (Kampar), Provinsi Sulawesi Barat (Pasangkayu, Mamuju Tengah), Provinsi Sulawesi Selatan (Enlekang, Luu, Luu Timur, Luu Utara, Pinrang, Tana Toraja, Kota Palopo). Kota Palopo). kemudian Sulawesi Tengah (Parigi Moutong, Banggai, Donggala), Sumatera Barat (Agam, Kepulauan Mentawai, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Pasaman, Pasaman Barat), Sumatera Utara (Asahan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Kota Tanjung Balai).

Peringatan dini untuk dampak angin kencang dan petir juga dapat terjadi di Sambas, Barito Timur dan Bangka Selatan, dengan suhu udara berkisar antara 26-28°C.

Hujan ringan diprakirakan akan melanda kota Pekanbaru, Padang, Medan, Denpasar, Mataram, Palangka Raya, Tanjung Selor, Mamuju, Makassar, Kendari, Palu, Ambon, Nabire, Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Jayawijaya dengan suhu udara berkisar antara -17°C.

Prakiraan cuaca berawan tebal terjadi di Kota Jambi, Bengkulu, Pangkalpinang, Palembang, Lampung, Tanjungpinang, Serang, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Kupang, Samarinda, Banjarmasin, Manado, Gorontalo, Merauke, Ternate, dan Surabaya dan terjadi pada suhu 23-33°C.

Sementara itu, wilayah DKI Jakarta sebagian besar berawan hingga dini hari, dengan kelembapan 74-86% dan suhu 24-32°C. Sebelumnya, perwakilan BMKG, Duikorita Karnawati, mengatakan bahwa potensi peningkatan curah hujan ini terjadi karena sebagian wilayah Indonesia saat ini sudah mulai kembali mengalami fenomena iklim La Niña yang diperkirakan akan berlangsung hingga Agustus 2024. Fenomena La Niña berarti lebih banyak uap air yang masuk ke wilayah Indonesia, yang menyebabkan pertumbuhan awan hujan lebih banyak yang pada akhirnya dapat meningkatkan potensi hujan. Hasil analisis perkembangan kondisi meteorologi dan iklim terus diinformasikan kepada masyarakat melalui aplikasi online infoBMKG, media sosial infoBMKG atau dengan menghubungi kantor BMKG terdekat secara langsung.