Mentok, Babel-Kabupaten Bangka Barat, pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengerahkan relawan pemadam kebakaran ke seluruh desa dan Kerlahan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

" Saat ini kami sedang memberikan pengarahan kepada relawan pemadam kebakaran (Balakar) untuk bersama-sama mensosialisasikan pencegahan kebakaran hutan dan kebakaran lahan, " kata kepala Satuan Polisi Pamong Praja Mentok dan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bunker Barat Sidharta Gautama, Senin.

Menurut dia, diharapkan kehadiran aparat Barakar di seluruh desa dan Kerrahan dapat mencegah Karfutra secara efektif, dan jika terjadi kebakaran segera dapat mengambil tindakan untuk menanggulangi kejadian tersebut dengan cepat dan tepat.



" Kami juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar lahan pertanian dan kebun karena akan sangat sulit untuk mengontrol apakah cuaca seperti yang terjadi hari ini panas dan angin kencang," katanya.

Dia mengatakan, sejauh ini tercatat 1 kasus Kalfutra yang berdekatan dengan kawasan pemukiman. Kejadian tersebut berhasil dikendalikan sehingga tidak ada korban jiwa.

Menurutnya, saat ini memasuki musim kemarau, begitu banyak perdu, tumbuhan, dan pepohonan yang mudah terbakar dan kering.

Biro Meteorologi, Iklim, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau akan berlangsung hingga akhir tahun 2024-8.



" Kami catat sebanyak 160 titik potensial rawan Karfutra, potensi paling rawan ada di Kabupaten Mentok," katanya.

Selain memobilisasi petugas di Barakal untuk mencegah kemungkinan kebakaran hutan dan lahan, kami juga meningkatkan patroli keliling di lokasi-lokasi yang sangat rentan.1 di antaranya ada di Taman Hutan Bukit Menumbing dan sekitarnya.

Dia menghimbau kepada seluruh warga aktif untuk melakukan tindakan pencegahan, seperti tidak membuang puntung rokok secara tidak sengaja, tidak membakar dan membersihkan lahan pertanian dan perkebunan, mengendalikan kebakaran saat membakar sampah, dan tindakan lain yang dapat menyebabkan calfutra.



" "Masyarakat perlu dilibatkan langsung dalam pencegahan karena jika terjadi carftra akan sangat sulit dikendalikan saat cuaca panas atau angin kencang seperti yang terjadi saat ini," katanya.