Pangkalpinang - PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) cabang Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membukukan nilai penjaminan sebesar Rp983 miliar selama periode Januari-Juni 2024. “Jika dihitung secara tahunan, jumlah tersebut meningkat sekitar 22% dibandingkan tahun sebelumnya dan dari sisi pendapatan imbal jasa bisa mencapai Rp23 miliar,” kata Kepala Cabang PT Jamkrindo Pangkalpinang, Dedi Wardhani, di Pangkalpinang, Rabu. Selain hasil positif tersebut, pihaknya juga mencatatkan pendapatan dari pengalihan hak tagih dari lembaga keuangan yang mencapai Rp2 miliar. “Bagian terbesar dari volume penjaminan Jamkrindo cabang Pangkalpinang adalah penjaminan program pemerintah yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp 432,8 miliar, dan menurut catatan kami, jumlah ini meningkat 65% dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” katanya. Selain penjaminan KUR, perusahaan yang bernaung di bawah Kantor Wilayah Palembang ini juga memberikan penjaminan usaha baik yang bersifat konsumtif maupun produktif. Menurut dia, di Kanwil Palembang, penjaminan periode Januari-Juni 2024 sebesar Rp 28,9 triliun, pendapatan UJP Rp 361 miliar dan pendapatan subrogasi Rp 39 miliar.

Jamkrindo merupakan perusahaan yang mendukung ekosistem perekonomian nasional, khususnya dari sektor riil, dengan mendorong kapasitas usaha mikro, kecil, dan menengah.

Jamkrindo berfokus pada praktik bisnis yang berkelanjutan dengan menerapkan prinsip kehati-hatian dengan menggunakan four eyes principle dan three lines of defence serta meningkatkan risk appetite dalam syarat dan ketentuan perjanjian kerja sama untuk semua produk penjaminan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis tidak hanya terus memberikan kontribusi terhadap kinerja perusahaan, tetapi juga terhadap perekonomian di sektor riil.

Selain menjalankan bisnis untuk menjaga keberlangsungan perusahaan, Jamkrind juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan ekonomi yang melibatkan masyarakat sekitar sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. "Pekan lalu di Pangkalpinang, puluhan tas dibagikan kepada siswa-siswi SD Negeri 4 Merawang sebagai bagian dari kontribusi Jamkrindo di bidang pendidikan.