JAKARTA - Komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Listoyo Sigit Prabowo memimpin upacara kenaikan pangkat dan serah terima jabatan (sertijab) sejumlah perwira tinggi (pati) Polri di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin.

Inspektur Dedi Prasetyo, Asisten Direktur Divisi Personel Polri, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterima pada hari Senin bahwa 17 perwira menengah polisi berpartisipasi dalam upacara hari ini. "Hari ini ada dua acara serah terima jabatan PJU Kapolda dan Korps Raport, yaitu kenaikan pangkat. Untuk PJU yang diserahterimakan hari ini ada Kadiv Propam; untuk Kapolda ada Kapolda Sumut, Kapolda Bangka Belitung, Kapolda Bali, Kapolda Bengkulu, Kapolda Kaltara, Kapolda Maluku dan satu pejabat utama yang diserahterimakan tugasnya, yaitu Staf Profesional Kapolri,” katanya. Berikut daftar resmi pergantian jabatan Kadiv Propam Polri dan Kapolda: Kadiv Propam Polri: Kombes Syahardiantono digantikan oleh Kombes Abdul Karim. Kapolda Banten: Komjen Abdul Karim digantikan oleh Komjen Suyudi Ario Seto. Kapolda Sumatera Utara: Irjen Pol Wisnu Hermawan Februanto menggantikan Irjen Pol Agung Secha Imam Effendi sebagai Kapolda Sumatera Utara. Kapolda Bangka Belitung: Kombes Pol Hendro Padwo menggantikan Kombes Pol Tornagogo Sihombing. Kapolda Maluku: Irjen Pol Eddie Sumitro Tambunan menggantikan Irjen Pol Rosalia Latif. Kapolda Jawa Tengah: digantikan oleh Irjen Pol Ribut Hadi Wibowo dari Irjen Pol Ahmad Yusufi. Kapolda Kalimantan Utara: Kapolda Kalimantan Utara: digantikan oleh Irjen Pol Hari Sudwijanto dari Irjen Pol Daniel Aditya Jaya. Kapolda Bali: Kapolda Bali: digantikan oleh Irjen Pol Daniel Adityajaya dari Irjen Pol Ida Bagus Cade Putra Narendra.
Kapolda Bengkulu: Irjen Pol Armed Wijaya, kini digantikan oleh Irjen Pol Anwar.

Untuk Kapolda Jawa Tengah, digantikan oleh Ahmad Rusfi, yang dipindahtugaskan ke departemen di luar organisasi, yaitu Kementerian Perdagangan.

Adapun dalam upacara pelaporan satuan, mantan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Rusfi naik pangkat dari jenderal bintang dua atau inspektur jenderal (irjen) menjadi jenderal bintang tiga atau komisaris jenderal (komjen). Selain itu, menurut Dedi, ada enam perwira tinggi Polri yang dinaikkan pangkatnya dari brigadir jenderal (brigjen) menjadi bintang satu.

Sebagai langkah pembaharuan organisasi, Capoli menunjuk beberapa perwira tinggi Polri sebagai kapolri baru melalui rotasi dan pergantian 157 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen).

Pergantian personil tersebut dijelaskan dalam Surat Telegram Rahasia (STR) Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani oleh Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo pada hari Jumat (26/7).