Samarinda - Perwakilan dari enam negara - Bulgaria, Mesir, Jepang, Korea Selatan, Polandia, dan Amerika Serikat - akan berpartisipasi dalam festival budaya internasional bertajuk East Borneo International Folklore Festival (EBIFF) di Kalimantan Timur. Komisioner Regional Kalimantan Timur Sri Wahuni mengatakan di Samarinda, Rabu: “Kegiatan ini akan berlangsung pada 25-31 Juli 2024. Kegiatan ini akan dilakukan untuk membangun budaya antar bangsa dan menampilkan Kalimantan Timur dan ibu kota nusantara.” Sri Wayuni menambahkan bahwa selain peserta internasional, ada juga peserta nasional yang berasal dari Sulawesi Tenggara, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, dan DI Yogyakarta. Menurutnya, EBIFF dapat diandalkan sebagai wadah promosi dan pelestarian kesenian daerah. "Acara ini merupakan upaya kami untuk mengapresiasi kesenian.




Ajang seni internasional yang baru pertama kali diselenggarakan ini akan diikuti oleh duta seni asing serta duta besar negara sahabat, kata Menteri Sri. "Kami akan menginformasikan kepada mereka tentang ibu kota nusantara. Rencana awal kami adalah mengundang mereka ke IKN, tetapi ini dibatalkan karena persiapan upacara 17 Agustus,” kata Menteri Sri.

Sekda Sri mengajak masyarakat Kalimantan Timur untuk bersemangat dengan acara EBIFF dan menghadiri acara tersebut, yang akan diselenggarakan di Stadion Gelora Kadri Oening, Creative Hub (dulunya Bandara Temindung) dan taman Kantor Gubernur Kaltim. “Saya minta masyarakat di daerah dapat menerima mereka dengan baik dan menjaga tata krama ketimuran (sopan dan ramah) dalam pergaulan internasional ini,” harapnya. Sementara itu, Kadispar Kaltim Ritin Sari Dewi menjelaskan bahwa pada tanggal 24 Juli (Mesir dan Sulawesi Selatan) dan 25 Juli akan hadir peserta dan delegasi kesenian dari Amerika Serikat, Blaguria, Polandia, Jepang, dan Korea. Peserta nasional dari DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara dan Bangka Belitung juga datang pada tanggal 25 Juli.

“Seluruh peserta secara bertahap tiba di Balikpapan dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman.




Acara EBIFF diawali dengan acara welcome dinner di Oda Etam Hall pada Kamis malam, 25 Juli 2024.

Kirab Budaya dilanjutkan pada hari Jumat 26 Juli 2024 dari Hotel Five Premier (sebelumnya Hotel Serika Plaza Muria) menuju Istana Gubernur Kalimantan Timur di Jalan Gajah Mada Samarinda.

“Kirab diikuti oleh peserta mancanegara, peserta nasional dan lokal, paguyuban dan komunitas,” jelasnya. Selain pertunjukan kesenian dari delegasi nasional dan peserta nasional, peserta EBIFF diajak ke Pantai Watu Balikpapan untuk city tour dan mengunjungi situs-situs budaya di Samarinda dan Kutai Kartanegara.

Para peserta EBIFF juga diajak menyusuri sungai dengan kapal wisata dan diperkenalkan dengan permainan tradisional Kalimantan Timur.

“Acara diakhiri pada hari Selasa 30 Juli dengan resepsi di Rumah Jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim,” jelasnya.