Mentok, Babel - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menargetkan 25.586 anak usia 0-7 tahun mendapatkan imunisasi polio pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2024. “25.586 anak yang menjadi sasaran tersebut tersebar di delapan puskesmas di Kabupaten Beltim,” kata Sapii Rangkuti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Beltim, di Mentok, Rabu.
Dia mengatakan bahwa gerakan imunisasi polio ini merupakan tindak lanjut dari kewajiban Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melakukan vaksinasi ulang bagi semua bayi yang baru lahir hingga usia delapan tahun untuk menghindari penyakit polio, yang dapat merusak sistem saraf.

Untuk tujuan ini, pemerintah provinsi Banka Barat, melalui Departemen Kesehatan, menyatakan bahwa mereka berencana untuk mengerahkan staf ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) untuk melakukan imunisasi menyeluruh terhadap populasi sasaran di wilayah operasi masing-masing.



“Kami telah memerintahkan agar tidak ada anak-anak dari populasi sasaran yang tidak menerima layanan ini karena berbahaya jika mereka tidak menerima vaksinasi.