Palembang-Panglima Kodam II Sriwijaya (Kodam II/Swj) Mayjen TNI M. Naudi Nurdika memberangkatkan ratusan prajuritnya untuk membantu perbaikan dan rehabilitasi 3.369 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang tersebar di lima provinsi di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel). “Sesuai dengan perintah Pandam II, mulai pertengahan Juli 2024, prajurit dari Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung (Sumbagsel) akan membantu perbaikan ribuan RTLH yang sudah ditandai dalam peta,” kata Kapendam II/Swj Kolonel Inf Paiman di Palembang, Selasa. Kolonel Inf Paiman mengatakan. Dia mengatakan tentara dari lima wilayah Korem telah dikerahkan untuk mendukung program rehabilitasi RTLH untuk membantu pemerintah provinsi mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat. Rincian rumah yang menjadi sasaran kegiatan rehabilitasi meliputi 3.016 RTLH milik masyarakat dan 353 RTLH milik prajurit TNI jajaran Kodam II Sriwijaya. Selain rehabilitasi RTLH milik masyarakat tidak mampu dan purnawirawan TNI, juga dilakukan pembangunan 127 sarana sanitasi umum.


Pendanaan untuk perbaikan RTLH dan kesehatan masyarakat berasal dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kota dan Kabupaten untuk tahun anggaran 2024 dan 2025, serta CSR perusahaan dan tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL), BSMS, Baznas, dan swadaya masyarakat.

Melalui program ini, perbaikan rumah masyarakat dan purnawirawan TNI yang dinyatakan tidak layak huni diharapkan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai jadwal. “Semoga niat baik, langkah dan upaya yang telah dilakukan oleh prajurit Kodam II/Sriwijaya untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara dengan sebaik-baiknya selalu diberikan kemudahan dan kelancaran serta petunjuk dari Allah SWT,” ujar Kapendam II/Swj.