Sungailiat-Kabupaten Bangka, Dinas Provinsi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) (Kemenag) mengatakan, jamaah rombongan penerbangan (Kloter) 04PLM dari wilayah kota Suci Mekkah bersiap pulang ke tanah air.

"Tercatat lebih dari 04 jamaah Kloter400plm siap dipulangkan ke tanah air," kata Komisi pemberangkatan jamaah dari kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Gazali di Sungailiat, Senin.

Ratusan peserta Haji berangkat dari Mekkah menuju Madinah pada Selasa (26/6) dan tiba di Bandara Internasional Sultan Mahmoud Badardin II di Palembang, Sumatera Selatan pada Rabu (27/6) sekitar pukul 01.15 WIB, ujarnya.



" Pada hari itu jamaah kloter langsung diberangkatkan ke asrama Haji kota Pangkalpinang," jelasnya.

Adapun kepulangan jamaah, Kloter2024 yang dijadwalkan Sabtu 6/29 05plm telah kembali ke tanah air.

Ini mengatur keluarga jamaah yang mengambil hanya satu mobil per jamaah, dan mobil yang membawa jamaah menggunakan stiker dan rambu untuk menjemput jamaah dari Kementerian Agama.



" Mobil tanpa stiker tidak bisa masuk ke area asrama Haji dan diminta Kemenag untuk bersama-sama menjemput jemaah dari masing-masing daerah," katanya.

Saat pemberangkatan dari Kabupaten Bangka menuju kepulangan jamaah, 2 orang meninggal dunia.Artinya, Umiyana, 40, meninggal dunia di RS Fatima Kota Palembang akibat sakit sebelum dikirim ke Madinah.

Dan Abdul Hamid Usman (80) Kloter04PLM, yang bersangkutan sebelumnya pernah menjalani operasi jantung, dinyatakan berhasil, akan meninggal di rumah sakit Jerman Makkah di Arab Saudi.