Jakarta-Wakil Presiden (Wapres) Malf Amin akan menggelar Panitia Fatwa Ijtima Ulama Indonesia pada Selasa (28/5) di pondok pesantren Bahrul Ulum Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung (Babel).

Sidang Tiga Tahunan Fatwa Ulama Nasional yang akan diselenggarakan pada tahun 2024-5-28-31 dihadiri oleh perwakilan Panitia Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi dan berbagai ormas Islam di seluruh Indonesia.

"Selain itu, pakar fatwa dari berbagai perguruan tinggi dan pesantren, pakardan otoritas lintas sektor juga diundang sesuai dengan tema mata acara pembahasan," kata staf khusus Masduki Baidlowi, Vice President Komunikasi dan Informatika, dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Fokus Ijtima Ulama tahun 2024 terus masduki dan terbagi menjadi 3 bidang:masail Asasiyah Wathaniyah(isu strategis nasional), isu hubungan antar negara, salam antaragama terhadap etika tata negara

Kedua,Masail Fiqhiyah Muashirah(isu Fiqih modern) Penghasilan zakat Youtuber-Selebgram, hanya lewat Metode Darah Babi untuk Halal pakan ternak untuk masalahmabitmuzdalifah/murur.

Terakhir,Masail Qanuniyah(masalah hukum), termasuk RUU Layanan Keagamaan dan Penyitaan Aset Non-Islam di Qua.

"Sesuai tema, hasil Ijtima Ulama ke-8 diharapkan semakin memperkuat "Fatwa sebagai pedoman keagamaan untuk kepentingan negara", kata Masduki.