Pemerintah Negara Bagian Pankalpinan, Babel-Banca-Kepulauan Biritung memastikan stok daging sapi segar dan beku cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, karena penyaluran sapi potong sudah lancar sebelum hari raya Idul Adha 1445 H.

"Saat ini stok pedagang daging sapi segar sebanyak 39.500 ton yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata kepala Disperindag Talmin AB Provinsi Kepulauan Babel, Pan Carpinan, Kamis.

Katanya untuk memperkuat persediaan daging sapi, menambah pasokan total persediaan sebanyak 3.600 ton, sehingga minggu ini perusahaan mencapai 43.100 ton, ketersediaan daging sapi segar

Sementara itu, menambah persediaan daging sapi beku sebanyak 0.300 ton dan 0.600 ton, kemudian persediaan daging beku minggu ini sebanyak 0.900 ton.

"Saat ini stok daging kerbau beku sebanyak 1,2 ton dan tidak ada tambahan pasokan karena stok masih cukup besar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.



Dikatakannya ketersediaan daging segar ini cukup banyak, tentunya berdampak langsung terhadap harga yang masih stabil. Harga paha belakang atau daging berkualitas 11 bertahan dari biasanya Rp1. 130. 000 per kg.

Harga daging Quad (optional) Terakhir Rp130. 000 per kilogram, sandung lamur (optional) Rp85. 000 per kilogram, harga daging Tetelan (optional) kg

Begitu pula harga daging sapi beku yang masih normal Rp195.000 per kilogram. Harga daging kerbau beku adalah Rp 1 per kilogram seharga 90.000.

"Saat ini permintaan daging beku sangat tinggi sehingga harganya lebih murah dibandingkan daging segar yang didominasi oleh perusahaan makanan seperti pedagang bakso," katanya.