Palembang - Antusias wisatawan membaurkan pesona religi Al-Quran Al Akbar di kota Palembang, Sumatera selatan saat hari raya Idul Fitri 1445 Hijrah dan libur panjang

"Jumlah pengunjung al-Quran kayu ukir terbesar di dunia meningkat dibandingkan hari-hari biasa di momentum Lebaran kali ini," kata Pembimbing Al Quran Al Akbar Palembang Riza Fahrurozi pada hari Jumat bahwa Palembang

Peningkatan jumlah pengunjung telah meningkat secara bertahap sejak awal Ramadhan, namun kali ini momentum Lebaran telah memuncak.

Pengunjung yang hadir berkisar dari turis lokal di kota hingga turis yang datang dari sekitar kota Palembang, seperti Lampung, Jambi dan Bangka.

Menurutnya, jumlah pengunjung meningkatkan penjualan tiket dan juga menjadi amal bagi wisatawan karena hasil penjualan tiket disumbangkan ke pondok pesantren.

"Hasil penjualan tiket akan disumbangkan ke pesantren, dan sisanya akan disumbangkan untuk biaya operasional seperti pemeliharaan dan gaji pegawai," katanya.

Di sisi lain, para turis Maya dari Jambi sangat terkejut dengan kemegahan Al-Quran ukir kayu terbesar di dunia.

Menurutnya, Al-Quran merupakan destinasi wisata yang alami, dan keindahan serta suasana spiritual saat berada di dalamnya membuat para wisatawan tidak ingin kembali setelah berkunjung.

"Saya baru pertama kali ke sini, mungkin kalau ke Palembang lagi, saya pasti akan datang ke sini lagi, karena ini pertama kalinya saya ke sini."Karena selama ini saya hanya bisa melihatnya di berita dan di media sosial, jika saya melihatnya secara langsung ternyata sangat luar biasa," katanya.