Pangkalpinang - Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Banca Belitung melakukan pemantauan kesehatan calon jamaah haji untuk memastikan kelayakan kondisi kesehatan calhaj saat menunaikan ibadah haji di kota suci Makkah. "Hari ini, tiga anggota tim kesehatan mendatangi rumah calhaj di Banka Selatan," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Babel H Rebuan di Pangkalpinang, Senin. Ia mengatakan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan calhaj ini untuk memastikan kondisi kesehatan mereka, apakah layak terbang atau tidak untuk menunaikan ibadah haji di kota suci Makkah. "Hari ini kita belum bisa memastikan apakah kesehatan calhaj di Banka Selatan ini baik atau tidak. Namun kami berharap para calhaj ini dapat menunaikan ibadah haji tahun ini.

Dia mengatakan bahwa jika kondisi kesehatan kalhaj tidak memungkinkan untuk berangkat haji, Kanwil Kemenag Kepulauan akan segera melaporkan ke Sistem Informasi dan Manajemen Data dan Informasi Penyelenggaraan Haji (Sikohat) Kemenag untuk pembatalan visa mereka.



"Kami harus menyerahkan perkembangan kesehatan jemaah haji khal ini ke Sikohat untuk menerbitkan atau membatalkan visa haji khal.

Menurutnya, pemantauan dan pemeriksaan status kesehatan para kalhadj sebelum keberangkatan haji sangat penting untuk memastikan kelancaran dan kelancaran pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

"Dalam melaksanakan ibadah haji, kesehatan fisik harus dijaga karena seseorang harus sehat secara fisik di tempat dan waktu tertentu, terutama mengendalikan pola pikir agar selalu optimis." ***3***