Palembang - Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang mengerahkan 25 petugas untuk melakukan pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian pada keberangkatan perdana 450 jamaah calon haji (JCH) asal Sumatera Selatan. "Sejak pukul 03.00 WIB hari ini, 25 petugas imigrasi mulai melakukan pemeriksaan dan stempel paspor JCH yang dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Haji Palembang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II," kata Ketua Satuan Tugas Pemberangkatan Jemaah Haji Imigrasi Palembang Adep Yoenoes di Palembang, Minggu. Ia mengatakan, berdasarkan data dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Selatan dan pemeriksaan paspor keberangkatan pertama JCH dan kelompok terbang (kloter) pertama musim haji tahun 1445 Hijriah/2024 M, jemaah haji asal Kota Palembang dan Kabupaten Musi Banyuasin menjelaskan bahwa mereka adalah. Jamaah haji kloter pertama berjumlah 450 orang dengan rincian 241 laki-laki dan 209 perempuan.



Pemeriksaan paspor/data entri dan pemberian cap oleh petugas kepada jamaah haji dengan menggunakan Border Control System (BCM) dilakukan di asrama haji Palembang.

Dilanjutkan dengan pemeriksaan bagasi JCH berbasis X-ray oleh petugas Angkasa Pura.

Selain itu, JCH diberangkatkan dari Asrama Haji menuju Bandara SMB II pada pukul 05.00 WIB dengan menggunakan 11 bus dengan pengawalan dari petugas Imigrasi Palembang.

Keberangkatan 450 JCH kloter pertama embarkasi Palembang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV5795 pada Minggu pukul 07.45 WIB, kata Ketua Satgas Haji Adep Yoenoes yang juga Kepala Imigrasi Palembang. . Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang Mohammad Ridwan mengatakan, pihaknya memiliki tiga untuk memberikan pelayanan keberangkatan JCH asal Sumsel dan Bangka Belitung yang dijadwalkan berangkat melalui asrama haji Bandara SMB II mulai 12 Mei 2024. Tim tersebut telah dikerahkan, tambahnya. "Tiga tim telah dikerahkan untuk melakukan pelayanan pembuatan paspor bagi 8.506 calon jemaah haji asal Sumsel dan Babel yang tergabung dalam 19 kloter, yang masing-masing kloter beranggotakan 25 orang. Gelombang pertama keberangkatan, yaitu Kloter 1-9, akan diberangkatkan pada tanggal 12-23 Mei 2024 dan gelombang kedua Kloter 10-19 pada tanggal 24 Mei hingga 4 Juni.

Keberangkatan calon haji asal Banka Belitung (Babel) yang tergabung dalam Kloter 4, 5 dan 6 gelombang pertama, jelas Ridwan.

Ilham Jaya, Direktur Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan, menginstruksikan kepada Satgas Imigrasi Palembang untuk memberikan pelayanan yang prima kepada para JCH, seperti yang telah diakui oleh Kementerian Masyarakat dan Agama pada tahun-tahun sebelumnya. "Melihat pelayanan keimigrasian pada keberangkatan pertama hari ini dan pengalaman para petugas selama ini, saya jamin JCH asal Sumsel dan Babel yang berangkat ke Arab Saudi melalui embarkasi haji Palembang akan mendapatkan pelayanan terbaik," ujar Direktur Jenderal Imigrasi. Direktur Wilayah Ilham yang didampingi oleh Filiant Akbar.