Pangkalpinang - Pelaksana Tugas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizar ZA mengimbau masyarakat untuk beralih ke konsumsi beras medium guna menekan harga beras premium yang terus meningkat. "Kualitas beras medium tidak kalah dengan beras premium," kata Safrizar ZA di Pangkalpinang, Rabu. Dia mengatakan bahwa saat ini, karena beras Amerika Tengah masih terjangkau dan tersedia di daerah itu, masyarakat diharapkan beralih ke konsumsi beras jenis ini. "Diharapkan masyarakat tidak panik. Selanjutnya, dalam waktu dekat kami akan berkoordinasi dengan Bulog dan memperbanyak operasi pasar dan pasar murah untuk menekan kenaikan harga beras premium". Beliau menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel sejauh ini telah berupaya untuk memastikan stok beras mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Lebih lanjut, Pemprov Kepulauan Babel bersama dengan Satgas Pangan Polda Babel berupaya membantu para pelaku usaha untuk menambah stok beras Amerika Tengah di gudang-gudang distributor.

"Kami akan berkoordinasi dengan Bulog untuk mengeluarkan stok beras medium yang mengalir ke pasar agar harga beras medium dari pihak swasta dapat terjaga."


"Kami akan berkoordinasi dengan Bulog untuk mengeluarkan stok beras medium yang mengalir ke pasar. Safrizal, kepala gudang Bulog Pangkalpinang, mengatakan bahwa ada stok beras sebanyak 666,5 ton, yang terdiri dari 200 ton beras SPHP, 100 ton beras CBP, dan lebih dari 300 ton beras bantuan. "Hampir setiap hari, kami mendistribusikan antara 10 hingga 15 ton beras SPHP per hari. Kami mendistribusikan 2 ton per hari ke peritel modern," katanya.