Pangkalpinang - Penjabat Gubernur Kepulauan Banca Belitung, Safrizar ZA, mengatakan pemerintah daerah dan Palang Merah Indonesia (PMI) harus bersinergi untuk meningkatkan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat. "Sinergi ini sangat penting untuk kemanusiaan. Oleh karena itu, pemerintah mendukung penuh PMI," kata Safrizar ZA saat menghadiri Musyawarah Provinsi (Musprov) PMI Babel 2024 di Pangkalpinang, Rabu. Ia mengatakan selama 22 tahun berkiprah di Kepulauan Babel, PMI tetap eksis menjalankan peran dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat dan tidak pernah berhenti mengabdi.



Meskipun banyak yang telah dilalui, termasuk pada masa kepengurusan 2019-2024 yang dipimpin oleh Abdul Fatah, PMI Provinsi Kepulauan Babel tetap bertahan dan terus berdiri mendukung Pemerintah dalam penanganan COVID-19. "PMI akan terus menjadi mitra kerja yang baik bagi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota dengan tetap menjaga kemandirian dan netralitas dalam memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat," katanya. Ia mengatakan dengan disahkannya UU No. 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dapat memberikan kepastian hukum bagi PMI Provinsi Kepulauan Babel dalam menjalankan misi kemanusiaannya, mendukung tujuan nasional yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berkeadilan sosial. Ia menyatakan bahwa hal itu bisa saja terjadi. "Dengan diselenggarakannya Musprov V PMI Babel ini, tentu saja menjadi salah satu cara bagi organisasi untuk mengimplementasikan mandat yang diberikan dalam undang-undang dan peraturan organisasi untuk membangun dan mengembangkan organisasi kemanusiaan yang kuat dan efektif, yang secara konsisten mampu memberikan pelayanan yang berkesinambungan dan mengembangkan kapasitas sumber daya manusia. "Memang benar", katanya.
Dia mengatakan Musprof juga mengisyaratkan adanya peluang bagi PMI negara bagian, provinsi dan kota untuk menjadi lebih inovatif dan meningkatkan kinerja serta kapasitas mereka untuk berkembang sebagai organisasi kemanusiaan yang netral dan independen dengan karakteristik organisasi yang memiliki sistem manajemen yang otonom.



"PMI di seluruh Babel harus mandiri dan berkewajiban memberikan pelayanan kepada masyarakat. 24 25 Ia berharap kepengurusan yang baru ini dapat saling membantu dengan tindakan nyata yang akan menggerakkan organisasi sehingga PMI Babel menjadi organisasi yang berfungsi dengan baik dan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan misi dan mandatnya. Insya Allah, dengan dedikasi yang tulus dan komitmen untuk terus maju, PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan tetap eksis dan berarti bagi seluruh masyarakat Kepulauan Bangka Belitung yang kita cintai ini. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.